Selasa, 22 Maret 2011

Eksotisme Kraton Ratu Boko

Situs Cagar Budaya Kraton  Ratu Boko

Berkunjung ke Jogja belumlah lengkap kalo belum wisata  mengunjungi yang satu ini, wisata yang  bersifat rekreatif dan edukatif.  Yaa… kompleks cagar budaya Ratu Boko. Petilasan kraton Ratu Boko ini merupakan sebuah cagar budaya yang berada di atas perbukitan yang berada sekitar 3 km kearah selatan dari Candi Prambanan.  Tepatanya berada di desa Bokoharjo, Pramabanan, Sleman Ypgyakarta. Disini wisatawan dapat melihat keindahan alam yang begitu masyur dana tertata apik. Dari sini juga dapat terlihat candi Prambanan  dan candi Sewu yang begitu klasik di latar belakangi gunung merapi  yang begitu agung. Dari sini pula kita dapat menyaksikan barisan perbukitan yang panoramanya begitu elok yang dihiasi dengan beberapa bangunan candi seperti Candi Banyunibo, Candi Barong, Candi Ijo.
Di kompleks cagar ini terdapat beberapa bangunan inti seperti Gapura utama, candi, kolam batur, Goa, pagar serta petilasan alun-alun. Nama lain Candi Ratu Boko ini adalah Abhaya Giri wihara. Abhaya berarti tidak ada bahaya, Giri berarti bukit, dan wihara berarti rumah. Jadi dapat disimpulkan dengan arti rumah para biksu agama budha yang berada diatas bukit yang tidak bahaya.
Sebutan Kraton untuk Candi ini oleh masayarakat local untuk situs ini dimungkinkan pada dahulunya situs ini merupakan pemukiman dan pusat pemerintahan pada masa itu.
Situs ratu boko ini di bangun oleh Rakai Panangkaran pada tahun 792 Masehi pada masa dinasti syailendra. Bagi yang suka dunia potografi , situs ini menjadi sebuah objek yang tepat untuk mengambil gambar bercita rasa seni yang tinggi. Disini pula juga telah disediakan berbagai macam fasilitas penunjanag untuk membangkitkan pariwisata agar wisatawan merasa nyaman seperti adanya Tourist informasi center, Show room, kamar mandi, toilet, lokasi camping, pos keamanan, tempat parkir, serta gardu pandang. Aksesibelitas menuju situs ini juga sangatlah mudah karena jalan sudah beraspal dan terdapat penunjuk jalan. Jadi jika anda berkunjung ke jogja sempatkanlah untuk mampir ke sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar